Adil Sammana: Pendataan Akurat, Sangat Menentukan Pengentasan Kemiskinan.”Pendataan Selama ini Amburadul”

WARTASULSEL. PANGKEP: Adil Sammana, Kepala Kelurahan Bonto Langkasa Kecamatan Minasate’ne, saat ditemui diwarkop 86 Jalan Matahari Pangkajene beberapa hari lalu mengatakan bahwa pendataan yang akurat soal warga miskin sangat menentukan dalam pengentasan kemiskinan. 

Menurutnya, selama ini dalam melakukan pendataan warga miskin, “Amburadul” terlalu banyak sumber, bahkan tidak dilibatkan kepala Kelurahan atau stapnya, atau pemerintah setempat, “Dia itu turun langsung melakukan pendataan, hasilnya tidak akurat” ujarnya..

Adil Sammana mencontohkan bahwa data warga miskin yang mendapatkan beras, itu ada yang mampu, sementara yang termasuk warga miskin tidak dapat bagian, hal yang sama kartu Indonesia Pintar, itu sumbernya pendataan langsung, sehingga tidak akurat, soalnya terkadang petugasnya sudah cape, atau tidak kenal kondisi, sehingga yang ada di sampingnya itulah yang dia catat, maka itulah yang jadi,

“Padahal ada diantara mereka yang sangat miskin dan sangat layak dibantu, tapi tidak sampai ke sana pencatatnya karena cape” ujarnya,

Adil Sammana menilai bahwa kalau sistem ini di terapkan, maka yakin kita tidak bisa keluar dari kerangka kemiskinan, karena banyak diantara mereka yang mendapatkan kartu Pintar, beras warga miskin, justru yang mampu dapat jatah dan  yang layak, tidak dapat beras miskin.

Untuk itu, Adil berharap, agar pendataan warga miskin itu, diserahkan kepada kepala Kelurahan, atau Kepala Desa, karena dia punya warga, dan mengetahui persis kondisi dan lingkungan wilayah kerjanya, termasuk kondisi masyarakatanya.

“Kalau ini di terapkan soal pendataan warga miskin, Insya Allah Pangkep akan keluar dari kerangka kemiskinan, sebab banyak sekali program yang masuk ke desa atau wilayah kelurahan, tapi tetap saja kita berada dalam tingkatan ke-3, terbelakang sebagai daerah miskin di Sulawesi-Selatan”, ujarnya. (Herman Djide)