Antisipasi Stuting di Desa di Taraweang, Kades Amiruddin Berikan Bantuan Makanan Suplemen dan Susu

herman, 12 Dec 2019, PDF
Share w.App T.Me
INDONESIASATU.CO.ID:

PANGKEP- Kepala Desa Taraweang Kecamatan Labakkang Kabupaten Pangkep, Amiruddin SH, dalam acara sosialisasi Stanting dan gizi buruk diaula Kantor Desa Taraweang Rabu (11/12) mengatakan bahwa hari ini kita lakukan kegiatan sosialisasi dampak stanting dan sekaligus  pemberian Suplemen makanan dan susu bagi anak stanting dan gizi buruk.

Kepala Desa Amiruddin mengatakan bahwa stanting di desa Taraweang mengalami penurunan untuk tahun 2019, jumlahnya tercatat 94, sementara tahun lalu lebih 100 orang.

“Kami berharap kepada orang tua, agar anaknya yang mengalami, atau setidaknya dapat diperiksa di puskesmas Taraweang, bila mengalami stanting atau gizi buruk segera antisipasi dengan makan suplemen dan minum susu” ujarnya.

Amiruddin menjelaskan bahwa mungkin tidak semua orang akrab dengan istilah stunting. Padahal, menurut Badan Kesehatan Dunia, Indonesia ada di urutan ke-lima jumlah anak dengan kondisi stunting.

“Pertumbuhannya anak terhambat karena stunting. Stunting adalah masalah gizi kronis yang disebabkan oleh asupan gizi yang kurang dalam waktu lama, umumnya karena asupan makan yang tidak sesuai kebutuhan gizi” ujarnya.

Stunting didefinisikan sebagai persentase anak-anak usia 0 sampai 59 bulan, dengan tinggi di bawah minus (stunting sedang dan berat) dan minus tiga (stunting kronis) diukur dari standar pertumbuhan anak.

Selain pertumbuhan terhambat, stunting juga dikaitkan dengan perkembangan otak yang tidak maksimal, yang menyebabkan kemampuan mental dan belajar yang kurang, serta prestasi sekolah yang buruk. Stunting dan kondisi lain terkait kurang gizi, juga dianggap sebagai salah satu faktor risiko diabetes. (herman djide)

PT. Jurnalis Indonesia Satu

Kantor Redaksi: JAKARTA - Jl. Terusan I Gusti Ngurah Rai, Ruko Warna Warni No.7 Pondok Kopi Jakarta Timur 13460

Kantor Redaksi: CIPUTAT - Jl. Ibnu Khaldun I No 2 RT 001 RW 006 Kel Pisangan Kec Ciputat Timur (Depan Kampus UIN Jakarta)

+62 (021) 221.06.700

(+62821) 2381 3986

jurnalisindonesiasatu@gmail.com

Redaksi. Pedoman Siber.
Kode Perilaku.

Mitra Kami
Subscribe situs kami
Media Group IndonesiaSatu