H.Andi Ilham Zainuddin : Membangun Indonesia Dari Desa Dibutuhkan Keterbukaan Informasi

INDONESIASATU.CO.ID:

PANGKEP; Ketua DPRD Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan (Pangkep), H. Andi Ilham Zainuddin, ST. saat diajak konsultasi dipematang empang, Jalan Biringkassi kecamatan Bungoro Senin (18/6) mengatakan bahwa untuk membangun Indonesia, itu harus dimulai dari desa dan hal tersebut sangat dibutuhkan keterbukaan informasi dari desa, termasuk melalui Media sosial.

Andi Ilham Zainuddin menuturkan bahwa meskipun kadang menyimpang sebuah potrek buram kemiskinan, namun citra buruk itulah yang hendak dihapus oleh pemerintah, maka mulai tahun 2015 silam, pemerintah secara bertahap menjalankan amanat yang tertera pada undang-undang tentang pembangunan desa.

“Di dalamnya ada kewajiban pemerintah memberikan Dana Desa. Seperti yang dikucurkan Dana desa dan bantuan langsung ini tentu menuntut tanggung jawab moral dan administrasi dari perangkat desa dan masyarakat untuk memakai dana tersebut sebaik-baiknya” ujarnya.

Ketua DPRD yang dikenal kreatif dalam memperhatikan nasib rakyatnya  sangat berharap kepada segenap kepala Desa untuk memperhatikan soal pentingnya sistem informasi pembangunan desa, karena sistem itu memang sudah diatur pada UU Desa, tentang sistem informasi pembangunan desa.

“Sistem informasi tersebut dikelola oleh pemerintah desa dan dapat diakses oleh masyarakat desa dan semua pemangku kepentingan. Kontennya meliputi data desa, data kondisi kemiskinan masyarakatnya, data pembangunan desa, data potensi unggulan desa, serta informasi lain yang berkaitan dengan pembangunan desa dan pembangunan kawasan perdesaan’’ ujarnya.

Lanjutnya bahwa Pembangunan Pedesaan Sesuai amanat UU No. 6 Tahun 2014, memang ditujukan untuk meningkatkan kesejahteraan dan kualitas hidup masyarakat desa. Caranya adalah mendorong pembangunan desa-desa mandiri dan berkelanjutan yang memiliki ketahanan sosial, ekonomi, dan lingkungan serta  mengurangi kesenjangan sosial, baik antara desa dan kota maupun yang lainnya” ujarnya.

Menurut mantan Ketua Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kabupaten Pangkep ini bahwa Pembangunan desa harus menjadi prioritas dalam pembangunan nasional karena sangat terkait dengan upaya membangun Indonesia dari pinggiran dengan cara memperkuat daerah-daerah, paling tidak suasana desa yang digambarkan benar-benar terwujud. Desa yang indah sekaligus sejahtera masyarakatnya” harapnya. (herman djide)

Index Berita