Kepsek SD 15 Batiling Hj Hanisah, Perlunya Peran Guru Dalam Mendisiplinkan Siswa

INDONESIASATU.CO.ID:

PANGKEP- Hj Hanisah, Kepala SD 15 Batiling       Desa Batara Kecamatan Labakkang saat dihubungi diruang guru Senin (22/10) mengatakan bahwa perlunya peran guru dalam mendisipilinkan siswa

Hj Hanisah yang didampingi beberapa guru kelasnya menjelaskan bahwa classroom management (Pengelolaan kelas) dibutuhkan pendekatan otoriter dan pendekatan permisif.

Menurutnya bahwa  pendekatan otoriter dalam pengelolaan kelas adalah kegiatan guru untuk mengkontrol tingkah laku siswa, guru berperan menciptakan dan memelihara aturan kelas melalui penerapan disiplin secara ketat.
Bagi sekolah atau guru yang menganut pendekatan otoriter, maka dalam mengelola kelas guru atau sekolah tersebut menciptakan iklim sekolah dengan berbagai aturan atau ketentuan-ketentuan yang harus ditaati oleh warga sekolah/ kelas.

Hal ini penting mengingat aturan yang dibuat diperuntukan bagi kepentingan bersama, yaitu untuk menunjang terjadinya proses pembelajaran yang efektif dan efisien demi melahirkan siswa-siswa cerdas yang lahir dari SD 15 Batiling ini.

Kemudian  pendekatan permisif mengartikan pengelolaan kelas adalah upaya yang dilakukan oleh guru untuk memberi kebebasan untuk siswa melakukan berbagai aktivitas sesuai yang di inginkan.

Pengertian  ini tentu saja bertolak belakang dengan pendapat otoriter. Menurut pandangan permisif, fungsi guru adalah bagaimana menciptakan kondisi siswa merasa aman untuk melakukan aktivitas didalam kelas, tanpa harus merasa takut dan tertekan dalam mengikuti pelajaran dikelas dan aktifitas lainya di SD ini.. (herman djide)

  • Whatsapp

Berita Terpopuler

Index Berita