KPU Pangkep Gelar Uji Publik Soal Dapil dan Alokasi Kursi DPRD Pangkep.

INDONESIASATU.CO.ID:

WARTASULSEL. PANGKEP; Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pangkep kini telah menggelar uji public soal usulan penataan daerah pemilihan (Dapil) dan alokasi kursi DPRD Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan di ruang pola Kantor KPU Kabupaten Pangkep Rabu (7/2).

Menuru Jumadil, anggota Komisioner KPU Pangkep dalam keterangannya di KPU  Rabu (7/2) mengatakan pemilihan dapil lima tahun silam, terdapat empat dapil, yakni dapil 1, : Kecamatan Balocci, Minasate,ne, dan Pangkajene, untuk dapil 2.; Kecamatan Bungoro, Tondong Tallasa dan Labakkang. Sementara dapil III: Kecamatan Ma’rang, Segeri, Mandalle, selanjutnya dapil IV : Liukang Tupabiring Utara, Liukang Tupabiring, Liukang Kalukuan Massalima (Kalmas) dan Liukang Tangaya.

Dari alokasi pemilihan tersebut terdapat 35 kursi untuk Kabupaten Pangkep karena  jumlah penduduk di Kabupaten ini mencapai antara 300, ribu sampai 400 ribu penduduk, sehingga jata kursi dalam aturan hanya 35 kursi, ujarnya.

Namun dari hasil rapat yang di lakukan beberapa kali oleh KPU dan hasil wawancara  sekian elemen masyarakat, maka kami melakukan usulan uji publik tentang usulan dapil dan alokasi kursi DPRD Pangkep dengan menghasilkan 5 dapil, namun tetap jumlah  35 kursi.

Diantaranya Dapil 1 Kecamatan Balocci, Minasate,ne, Pangkajene, Dapil 2 Kecamatan Tondong Tallasa, Bungoro, Labakkang, dapil 3 Kecamatan Ma’rang, Segeri, Mandalle, Dapil 4 Kecamatan Liukang Tupabiring dan Liukang Tupabiring Utara, Dapil V: Liukang Kalmas dan Liukang Tangaya. (Herman Djide)

Index Berita